Pijat Jantung Bayi Baru Lahir Resusitasi Adalah Langkah Memberi Pertolongan Nafas Pada Bayi

Sesudah bayi lahir, umumnya bayi akan langsung bernapas dengan udara. Ini adalah waktu bernapas pertamanya, sebab waktu di rahim bayi tidak bernapas dengan udara. Ketidaksamaan lingkungan saat di rahim dengan sesudah lahir membuat bayi spontan bernapas dengan udara. Tetapi, beberapa bayi mungkin memerlukan dikit pertolongan untuk dapat bernapas sesudah lahir. Pertolongan ini diketahui dengan resusitasi bayi. Apakah itu?




Bagaimanakah Pijat Jantung Bayi Baru Lahir itu  Dengan resusitasi bayi? 




Oksigen penting untuk tiap sel pada tubuh. Tanpa ada oksigen, beberapa sel pada tubuh dapat mati. Bayi dalam rahim juga memerlukan oksigen, yang diambilnya dari saluran darah dari ibu ke bayi lewat plasenta. Tetapi, sesudah bayi lahir, plasenta akan dipotong hingga suplai oksigen ke bayi akan berhenti. Bayi juga selanjutnya akan ambil oksigen dari udara (bernapas).


Pijat Jantung  Bayi Baru Lahir Resusitasi Adalah  Langkah Memberi Pertolongan Nafas Pada Bayi



Beberapa bayi mungkin memerlukan pertolongan untuk bernapas dengan normal. Tidak semua bayi mungkin dapat ambil napas dari udara sesudah lahir dengan spontan.


Pada sekarang, dibutuhkanresusitasi pada bayi yang baru lahir. Resusitasi ialah pertolongan yang diberi sesudah bayi lahir supaya bayi dapat bernapas. Bayi yang sesudah lahir tidak segera dapat bernapas, bila dibiarkan akan alami kekurangan oksigen, dimana bisa ke arah kematian bayi. Arah resusitasi bayi baru lahir termasuk juga menahan angka kematian serta kesakitan bayi berkaitan luka otak, jantung, serta ginjal, dan untuk menolong bayi bernapas normal serta menguatkan curah jantung.



Siapa yang memerlukan pijat jantung bayi baru lahir dengan resusitas bayi? 



Tidak ada sinyal yang bisa tunjukkan mana bayi yang memerlukan resusitasi sesudah lahir serta mana yang tidak. Hingga, pada tiap kelahiran bayi, resusitasi harus disiapkan. Tetapi, efek permasalahan pernafasan (bayi memerlukan resusitasi) bisa berlangsung pada bayi yang prematur, lahir sesudah jalani persalinan yang lama, serta lahir dari ibu yang terima sedasi (pemberian obat untuk menentramkan) sepanjang step akhir persalinan.


Baca juga : Pembaharuan Pijat Terapi Resusitasi Jantung Normal Apa Koroner Pada Bayi

Bayi baru lahir yang memerlukan resusitasi biasanya dipandang dengan empat keadaan di bawah ini: 


- Apa bayi lahir pada umur kandungan cukup bulan?

- Apa cairan ketuban bersih dari mekonium serta sinyal infeksi?

- Apa bayi bernapas atau menangis sekejap sesudah lahir?

- Apa bayi mempunyai kerja otot yang baik?

- Bila jawaban dari ke empat pertanyaan itu ialah ‘tidak’, karena itu bayi memerlukan resusitasi.



Bagaimanakah cara lakukan pijat jantung resusitasi bayi? 



Resusitasi dikerjakan sesuai keadaan bayi. Ada empat aksi yang dapat dikerjakan dengan berurutan sepanjang resusitasi bayi. Bayi mungkin perlu terima satu atau lebih dari empat aksi ini. Pemungutan ketetapan untuk maju lakukan tiap aksi berikut ini dipastikan oleh penilaian dari tiga sinyal penting, yakni pernafasan, detak jantung, serta warna kulit bayi.


Langkah awal

Ini dikerjakan lewat cara mengeringkan bayi serta memberi kehangatan pada bayi. Kemudian, posisikan bayi secara baik menghadap ke atas. Posisikan kepala bayi dikit ke atas untuk menolong buka jalan napas.



Tempatkan lipatan kain (jangan begitu tebal atau tipis) dibawah pundak bayi untuk menjaga tempat ini. Kemudian, membersihkan aliran napas bayi bila dibutuhkan, terhitung lakukan pengisapan di mulut dan di hidung untuk hilangkan mekonium. Pengisapan ini dikerjakan dengan tabung isap yang ditinggalkan di mulut dan hidung.



Seterusnya, rangsang bayi untuk bernapas. Ini dapat dikerjakan lewat cara menyentil atau menepuk telapak kaki bayi, dan menggosok dengan lembut punggung, kaki, serta tangan bayi. Nilai pernafasan, detak jantung, serta pergerakan otot bayi tiap usai bertindak itu. Bila bayi belum bernapas, bertindak seterusnya.

Ventilasi

Adalah aksi untuk masukkan beberapa udara ke paru-paru bayi dengan desakan positif supaya bayi dapat bernapas. Aksi ini dikerjakan lewat cara menempatkan sungkup dengan ukuran yang sesuai dengan di muka bayi sampai menutupi dagu, mulut, serta hidung bayi.



Menjaga tempat kepala bayi serta remas kantung yang ada di sungkup, hingga udara masuk ke paru-paru bayi mengakibatkan dada bayi cukup naik. Bila dada bayi naik sesudah dikerjakan 2-3 kali ventilasi, berarti desakan ventilasi mungkin cukup diberi pada bayi. Teruskan pemberian ventilasi 40 kali per menit sampai bayi menangis atau bernapas.



Tetapi, bila dada bayi tidak naik, mungkin ada permasalahan, seperti aliran napas bayi terhalang, pemasangan sungkup tidak benar, desakan kurang kuat, tempat bayi tidak benar, serta yang lain.


Memberikan desakan di dada bayi

Ini dikerjakan untuk sesaat tingkatkan perputaran serta pengiriman oksigen ke organ-organ penting bayi. Desakan dada atau pijat jantung diberi dibarengi dengan ventilasi, untuk pastikan supaya perputaran darah yang tersebar pada tubuh bayi cukup memperoleh oksigen.


Sesudah penekanan dada dikerjakan 30-45 detik, nilai detak jantung bayi. Bila detak jantung bayi kurang dari 60 kali per menit penekanan dada harus diteruskan (sesudah pemberian suntikan epinefrin).

Baca juga : Pijat Jantung Adalah Solusi Berhentinya Detak Jantung Secara Mendadak Lakukan Cara Ini

Pemberian epinefrin 

Pemberian obat-obatan ini dikerjakan sepanjang resusitasi saat ventilasi serta penekanan dada tidak kerja lebih dari 45 detik sampai 1 menit, detak jantung bayi masih kurang dari 60 kali per menit serta tidak ada penambahan.

0 Response to " Pijat Jantung Bayi Baru Lahir Resusitasi Adalah Langkah Memberi Pertolongan Nafas Pada Bayi"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...