Pijat Jantung Adalah Solusi Saat Berhentinya Detak Jantung Secara Mendadak Lakukan Cara Ini

Jika menjumpai bagian keluarga atau tetangga alami henti jantung tiba-tiba (HJM), jangan keburu cemas. Sambil menanti datangnya team medis, ada langkah simpel yang bisa dikerjakan orang pemula untuk gagalkan kejadian itu.



"Demikian kita dapat pastikan ia HJM sebab tidak tanggapan, tidak napas, tidak sadar, selekasnya kerjakan kompresi. Tetapi awalnya call for help dahulu ke petugas medis," tutur Dr dr Budi Yuli Setianto, SpPD(K), SpJP(K) dalam acara bedah buku 'Peran Pemula dalam Masalah Henti Jantung Mendadak' di Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta, seperti dicatat Kamis (28/8/2014).


Baca juga: Pijat Jantung Bengkak Hanya Dengan Satu Titik Rahasia 5 Menit Setiap Hari

Dianjurkan supaya yang dihubungi ialah rumah sakit yang mempunyai sarana emergensi tetapi bisa memberi BHL (Pertolongan Hidup Kelanjutan) pada pasien yang barusan alami HJM.


Kemudian pasien jangan dibiarkan seseorang diri. Langsung kerjakan kompresi. Tetapi dr Budi memperingatkan, jangan 'terkecoh' dengan keadaan pasien yang seperti bernapas, walau sebetulnya bukan bernapas dengan normal.

Pijat Jantung Adalah Solusi  Berhentinya Detak Jantung Secara Mendadak Lakukan Cara Ini




"Itu sebenarnya bukan napas ya, tetapi dengkuran (gasping). Itu cuma sisa-sisa dibanding pergerakan dada untuk keluarkan napas," terangnya.



Bagaimana lakukan kompresi? 




1. Ke-2 tangan dipautkan, tempatnya tangan satu seperti menindih tangan yang lain.

2. Tangan, khususnya sisi bukunya ditempatkan dalam tempat seperti akan mendesak ditengah-tengah dinding dada, antara puting susu

3. Tempat lengan lurus

4. Dorong ke bawah lurus, sekurang-kurangnya dengan 'kedalaman' 4-5 cm atau lebih

5. Kerjakan dengan kecepatan 100 kali per menit. Untuk langkah yang satu ini, tiap satu atau dua menit orang yang bertindak kompresi harus ditukar, sebab tidak ada orang yang mampu lakukan kompresi dengan kecepatan semacam itu.

6. Dorong sepanjang seringkali lalu bebaskan


"Jika pijatannya berkualitas (benar dan baik), belum sampai 10 menit pasien akan sadar atau kembali pada tanggapan spontan," kata dr Budi.


Baca juga : Pembaharuan Pijat Terapi Resusitasi Jantung Normal Apa Koroner Pada Bayi



Diakhir bedah buku, Kepala sisi Kardiologi Fakultas Kedokteran UGM/RSUP Dr Sardjito itu memperingatkan semestinya siapa saja yang melakukan aksi kompresi harus mengerjakannya dengan penuh kepercayaan, tanpa ada ragu-ragu.


"Memang terkadang senang ada mak kretek, patah pada tulang rusuk atau dada. Tetapi ini tidak jadi masalah sebab patahannya tidak menyerang atau mengakibatkan kerusakan organ dalam, serta ini dapat ditangani kelak (sesudah HJM sukses dihentikan)," tutupnya.

sumber : health.detik.com

0 Response to "Pijat Jantung Adalah Solusi Saat Berhentinya Detak Jantung Secara Mendadak Lakukan Cara Ini "

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...